Penyebab Komputer Loading Lambat dan Cara Mengatasinya

Komputer loading sangat lambat bukanlah hal yang mengherankan. Dengan kemampuannya yang luar biasa, komputer dapat menemui beragam kendala yang dapat memicu loading menjadi lambat. Selain itu, komputer loading lambat biasanya juga disebabkan oleh adanya program jahat yang dalam hal ini bisa berupa virus, malware, adware atau sejenis program jahat yang laiinya yang menyusupi komputer Anda.

Untuk mengetahui penyebab pasti komputer yang tiba-tiba mengalami loading lambat secara tidak wajar dibutuhkan langkah-langkah diagnosa, baik menggunakan program seperti antivirus maupun melakukan diagnosa secara manual. Dengan demikian, Anda akan mengetahui penyebab pasti apa yang menjadikan komputer Anda bermasalah pada loadingnya.

Berikut ini adalah cara termudah untuk mengetahui penyebab loading komputer lambat dan dari sini nantinya Anda akan menentukan upaya perbaikan, baik dengan menginstall antivirus atau cukup hanya dengan menghapus program-program kurang penting yang menjadi penyebab lambatnya loading komputer Anda. Silakan simak panduan cara mengetahui komputer loading lambat sebagai berikut.

Buka Windows Taks Manager dengan menekan tombol keyboard Ctrl + Alt + Delete. Selanjutnya, akan muncul pilihan, silakan Anda pilih Start Task Manager.

Penyebab Komputer Loading Lambat dan Cara Mengatasinya

Pilih tab Performance, dan perhatikan pada bidang CPU Usage dan Memory. Jika pada bidang CPU Usage menunjukkan presentase tinggi, maka hal tersebut berarti komputer Anda menjalankan terlalu banyak aplikasi sehingga kapasitas CPU menjadi penuh dan berujung pada lambatnya loading komputer.

Selanjutnya, silakan pilih tab Processes, lalu perhatikan aplikasi atau program apa yang ukurannya paling berat.


Pada gambar diatas terlihat, bahwa aplikasi yang paling banyak menggunakan space RAM adalah program Facesoft. Untuk membuat loading komputer menjadi stabil, maka saya harus mengakhiri program tersebut dengan menekan tombol End Process.

Apabila masalah Anda tidak terselesaikan dengan menggunakan metode ini, maka Anda dapat menggunakan antivirus. Dengan menggunakan antivirus yang masih up to date, Anda dapat melakukan scan semua file dan aplikasi di komputer Anda yang kemungkinan diinfeksi virus sehingga menjadikan loading PC Anda sangat lambat.

Ada banyak antivirus dengan kemampuan mendeteksi serta menghapus virus yang dapat Anda gunakan, misalkan AVG, Norton, Symentec atau Smadav untuk produk anak bangsa.


Share

LATEST ARTICLES

2 komentar

sebaiknya juga jangan terlalu banyak membuka program bikin berat apalagi kalau ram cuma pas-pasan antivirus pun cari yang ringan yang penting up to date

Yup, terlalu banyak program aktif apalagi program berat seperti antivirus auto protection memang dapat menyebabkan kinerja komputer melambat.

Post a Comment