Cara Full Backup Aplikasi dan Data Windows Phone


Fitur backup pada smartphone akan memudahkan user untuk mengembalikan setelah ponsel serta aplikasi didalamnya secara mudah tanpa harus mendownload ulang. Berbeda dengan versi Windows Phone terdahulu, kini fitur full backup sudah tersedia pada versi Windows Phone 8.1.

Fittur full backup yang dihadirkan pada Windows Phone 8.1 ini akan memberi kemudahan bagi user untuk melakukan backup setting ponsel beserta konfigurasi penting lainnya. Selain itu, hal yang tidak kalah penting lainnya adalah backup aplikasi yang sudah di install pada ponsel.

Cara backup data beserta aplikasi pada smartphone berbasis Windows yang sudah menggunakan Windows Phone versi 8.1 ini dapat dilakukan secara mudah dan cepat. Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk memulai langkah pembuatan data cadangan (backup). Berikut cara full backup di Windows Phone 8.1.

Silakan masuk ke panel pengaturan > sistem > cadangan. Backup yang dilakukan akan tersimpan ke 'cloud'. Backup ini terdiri atas 3 bagian, yakni aplikasi + pengaturan, pesan teks dan foto serta video.

Cara Full Backup Windows Phone

Ketika mengaktifkan pada aplikasi + pengaturan maka backup pengaturan yang terdiri dari favorit browser, sandi layar dan sebagian besar pengaturan lainnya. Didalamnya terdapat juga backup aplikasi yang juga aktif dengan menyimpan konten aplikasi. Pada saat 'cadangkan sekarang' Anda klik, maka kemudian proses penyimpanan cadangan berjalan.


Jika sudah selesai, Anda dimungkinkan untuk menghapus cadangan tersebut dengan cara Anda klik pada bidang 'atur cadangan'. Didalamnya terdapat pemberitahuan, apabila menghapus cadangan, maka Anda tidak dimungkinkan untuk memulihkan pengaturan serta aplikasi.


Apabila kembali pada halaman sebelumnya, maka akan ada 2 cadangan yang belum diaktifkan, kedua cadangan tersebut berupa pesan teks dan foto + video. Cadangan pesan teks termasuk pesan MMS berisikan fitur unduh pesan sesuai dengan kurun waktu seperti tiap bulan.


Sementara itu, untuk penyimpanan foto + video ke OneDrive berisikan pengaturan unggah dengan konektivitas pilihan apakah menggunakan paket data atau cukup WiFi saja. Maksudnya adalah supaya ketika mencadangkan video yang berukuran besar nantinya tidak merugikan Anda.


Selesai. Nah, itulah langkah-langkah untuk melakukan backup di Windows Phone 8.1, semoga bermanfaat.

Bagi Anda pengguna Windows Phone versi 8.1, Anda tidak perlu khawatir akan kahilangan data-data penting atau aplikasi yang sudah Anda install di ponsel Anda karena dengan adanya fitur full backup ini Anda dapat membuat data cadangan secara berkala yang dapat Anda lakukan langsung dari menu ponsel tanpa perlu mendownload aplikasi pihak ketiga.

No comments