Cara Blokir SMS Dari Nomor Tertentu di HP Android

Anda mungkin menghendaki supaya nomor tertentu tidak bisa mengirim SMS ke nomor Anda. Bergantung pada pabrikan dan tipe smartphone Android yang Anda gunakan, fitur blokir SMS di hp Android sebenarnya sudah tersedia pada sebagian tipe. Jika smartphone Anda sudah dilengkapi fitur blokir SMS, maka Anda tidak perlu menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk memblokir SMS dari nomor yang tidak Anda kehendaki.

Seperti pada smartphone OPPO Find Joy yang sudah dilengkapi fitur blacklist. Setiap nomor yang Anda masukkan pada daftar hitam tidak akan bisa menghubungi Anda, baik melalui SMS maupun melalui telepon. Fitur sejenis juga tersedia pada sebagian tipe smartphone OPPO. Namun kali ini saya hanya dapat menginformasikan pemblokiran pesan di hp OPPO Find Joy karena secara kebetulan saya memiliki OPPO Find Joy.

Bagi Anda pengguna OPPO Find Joy, pemblokiran SMS dari nomor yang tidak Anda kehendaki dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Silakan simpan terlebih dulu nomor yang ingin Anda blokir. Anda dapat memberikan nama apa saja, yang penting nomor tersebut harus Anda simpan kedalam daftar kontak terlebih dahulu.

Setelah nomor tersebut Anda simpan ke daftar kontak, kemudian silakan sentuh pada bidang foto nomor tersebut sehingga akan muncul menu Add to Blacklist atau Tambahkan ke daftar hitam. Pilih Add to Blacklist - SELESAI.

Nomor tersebut tidaka akan berkesampatan untuk mengirimkan pesan ke nomor Anda lagi karena sudah di blacklist oleh sistem ponsel.

Bagaiman dengan tipe hp Android lainnya yang mungkin tidak dilengkapi fitut blokir SMS dan panggilan. Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga. Berikut 3 aplikasi blokir SMS dan telepon untuk hp Android yang dapat Anda download kemudian mengaktifkannya.

Cara Blokir SMS Dari Nomor Tertentu di HP Android

1. Caller ID & Block Call, Text

Aplikasi ini didukung fitur yang cukup memuaskan untuk keperluan blokir SMS atau telepon masuk dari nomor yang tidak kita kehendaki. Aplikasi Caller ID & Block Call Text ini tidak sebatas memiliki fitur untuk blokir SMS dan telepon dari nomor yang kita list, tetapi aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur blokir pesan secara otomatis dari ratusan nomor telepon spam yang berhasil terkumpul di database sistem.

aplikasi blkir sms di hp android

2. Clean Inbox – SMS Blocker

Dibandingkan aplikasi Caller ID & Block Call, Text, Clean Inbox – SMS Blocker memang tidak sesempurna Caller ID & Block Call Text, namun secara keseluruhan aplikasi ini juga menawarkan fitur yang cukup memuaskan. Clean Inbox mampu memblokir pesan secara otomatis berdasarkan nomor dan jenis SMS yang mengandung kata tertentu sesuai yang Anda inginkan.

aplikasi blokir sms dan telepon Android

3. Block SMS and Call

Aplikasi berikutnya adalah Block SMS and Call. Aplikasi Block SMS and Call ini juga dibekali fitur blocking yang tergolong cukup lengkap. Beberapa fitur yang tersedia pada aplikasi ini diantaranya adalah sebagai berikut:


  • Memungkinkan Anda untuk memasukkan daftar blacklist langsung dari daftar kontak maupun Call Log di ponsel Anda.
  • Memblokir SMS atau telepon dari nomor yang Anda inginkan.
  • Memblokir SMS atau telepon secara otomatis dari private number / unknown number.
  • Terdapat fitur call blocked history serta SMS blocked history sehingga Anda dapat mengecek daftar nomor yang telah mengirim SMS atau menelepon Anda yang telah di blokir.
  • Blokir SMS berdasarkan isi atau memuat kandungan kata tertentu.


Selain ketiga aplikasi diatas, sebenarnya masih banyak aplikasi sejenis yang dapat Anda temukan di laman Google Play. Demikian, semoga bermanfaat.
Next Post Previous Post
2 Comments
  • dennyaditia
    dennyaditia October 7, 2015 at 9:02 AM

    di hp sony saya ada nih fiturnya :)

    • Dc Droid
      Dc Droid October 10, 2015 at 2:40 AM

      Baguslah kalau begitu, tinggal diaktifkan kalau emang diperlukan.

Add Comment
comment url