Cara Backup Aplikasi Android Yang Sudah Terinstall Menggunakan Astro File Manager

Lazimnya setiap smartphone Android berisikan banyak aplikasi, baik aplikasi game, aplikasi messaging maupun jenis-jenis aplikasi lainnya. Android memang menawarkan banyak aplikasi bermanfaat yang dapat diperoleh secara gratis maupun berbayar melalui laman Google Play yang dapat di download secara mudah dan aman oleh para pengguna platform besutan Google ini.

Untuk menyiasati terjadinya ponsel error atau mungkin saja Anda ingin melakukan factory reset dimana semua data dan aplikasi pada ponsel akan terhapus, dalam hal ini sebaiknya Anda lakukan backup terlebih dulu semua aplikasi yang sudah terpasang di ponsel Anda. Dengan demikian, nantinya Anda hanya perlu merestore aplikasi tersebut tanpa harus mendownload ulang.

Proses backup aplikasi yang sudah terinstall di ponsel dapat Anda lakukan secara mudah menggunakan beragam aplikasi backup yang dapat Anda download di Google Play. Dan pada tutorial ini saya akan share cara backup aplikasi Android menggunakan aplikasi Astro File Manager. Aplikasi ini mudah digunakan, dan merupakan salah satu aplikasi untuk keperluan backup data serta aplikasi di Android yang cukup populer.

Sebagai informasi, aplikasi Astro File Manager adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh Metago, yaitu sebuah software developer yang berbasis di Atlanta, Georgia. Metago didirikan pada 2000 silam sebagai perusahaan pengembang software, dan pada 2007 perusahaan ini merilis aplikasi mobile pertamanya, yaitu Astro File Manager. Jika Anda ingin mengenal lebih lanjut developer software dan mobile apps yang satu ini, Anda dapat mengunjungi website resminya, www.metago.net.

Berikut cara backup aplikasi Android menggunakan Astro File Manager:


  • Silakan install Astro File Manager. Gambar dibawah ini adalah icon aplikasi Astro File Manager.

Astro File Manager with cloud

  • Setelah Anda download, silakan buka aplikasi tersebut, lalu sentuh pada bagian "Go to App". Selanjutnya, Anda akan melihat tampilan seperti gambar dibawah ini.

Cara Backup Aplikasi Android Yang Sudah Terinstall
  • Silakan tap menu pilihan (berbentuk ikon martil dan kunci membentuk tanda silang) yang terletak di sudut kiri bawah.


  • Selanjutnya, pilih menu "App Mgr".


  • Pada tab "INSTALLED APPS" Anda akan menjumpai daftar aplikasi yang sudah terpasang di perangkat Anda. Untuk melakukan backup terhadap aplikasi-aplikasi tersebut, silakan Anda tandai beberapa atau semua aplikasi yang ingin Anda backup, kemudian tap tombol "Backup".


  • Jika backup sudah dibuat, maka aplikasi cadangan akan tersimpan secara otomatis pada tab "BACKED UP APPS".


Selesai. Cukup mudah, bukan?

Selain Astro File Manager, Anda juga bisa menggunakan aplikasi backup lainnya yang dapat Anda temukan di laman Google Play, seperti Easy App Backup, App Backup & Restore, App Backup & Reinstall, dan masih banyak lagi.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url