Tips Mengatasi Hp Android Cepat Panas


Cara Mengatasi Hp Android Cepat Panas
Setiap smartphone, apapun platform yang digunakan pasti akan mengalami temperatur tinggi atau memanas apabila menemui suatu kendala. Android adalah platform smartphone dengan jumlah pengguna terbanyak dimasa sekarang ini, dan bagi Anda yang merupakan pengguna Android phone yang mendapati smartphone Android Anda sering mengalami temperatur tinggi dengan sendirinya, kali ini saya akan share beberapa kiat untuk mengatasi permasalahan tersebut.

Terdapat sejumlah permasalahan yang dapat memicu temperatur ponsel menjadi panas pada perangkat Android, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Smartphone pada dasarnya adalah sebuah perangkat telepon seluler multifungsi yang menggunakan sejumlah aplikasi. Aplikasi tersebut melekat pada sistem operasi (Android) yang dalam hal ini rentan terhadap terjadinya crash atau kesalahan software, registry, dsb.
  • Smartphone seperti Android atau Blackberry pada umumnya memiliki aplikasi yang selalu dalam kondisi menyala (On) terhadap jaringan internet, dengan kata lain ia akan tetap bekerja meskipun Anda sedang tidak menggunakan aplikasi tersebut.
  • Smartphone pastinya dibatasi dengan spek-spek pembawaannya, mulai kecepatan prosesor, kapasitas RAM hingga GPU.
  • Semakin banyak aplikasi yang terpasang pada ponsel hal tersebut akan menyebabkan beban proses atau kerja yang semakin berat.

Dari gambaran diatas, maka dapat saya simpulkan beberapa kiat yang dapat Anda terapkan ketika Anda mendapati smartphone Android yang Anda gunakan menjadi panas secara tidak wajar. Berikut cara mengatasi hp Android yang cepat panas.

  • Kapasitas perangkat, spesifikasi, hardware ponsel Anda tergolong rendah, sementara disisi lain Anda menggunakan ponsel Anda secara berlebihan, seperti penggunaan aplikasi-aplikasi yang berat.
  • Terlalu banyak memasang aplikasi akan semakin membebani kinerja ponsel, terutama aplikasi yang selalu terhubung ke jaringan internet, seperti aplikasi social network dan game. Meskipun Anda sedang tidur, aplikasi-aplikasi tersebut tetap bekerja selama bisa terhubung ke jaringan internet.
  • Terlalu sering digunakan untuk browsing internet. Pada saat kita browsing ke internet sumber daya ponsel akan bekerja dengan sangat ekstra, bergantung seberapa besar kekuatan baterai Anda bisa bertahan, hal tersebut dapat menyebabkan ponsel mejadi panas dengan sendirinya.
  • Bahan dasar pembuatan hardware ponsel Anda berkualitas rendah yang menyebabkan ponsel tidak mampu bertahan saat user terlalu aktif menggunakan ponsel tersebut.
  • Kesalahan pada software, baik sistem operasi dan aplikasi yang berjalan terus sehingga membuat prosesor bekerja terus-menerus pada background proses.
  • Ponsel sering digunakan multitasking, artinya menjalankan aplikasi secara bersamaan, seperti mendengarkan musik yang diiringi mengakses aplikasi yang membutuhkan koneksi data untuk terhubung ke jaringan internet.
  • Full penggunaan, artinya ponsel terus menyala dalam rentan waktu yang panjang. Usahakan untuk melepas baterai ponsel selama beberapa saat jika tipe baterai ponsel Anda bisa dilepas. Jika menggunakan non-removeable baterai, Anda cukup matikan ponsel Anda selama beberapa saat.
  • Penggunaan charger yang tidak sesuai dengan voltase dan ampere mesin. Baterai ponsel sangat dimungkinkan menjadi penyebab permasalahan ponsel Anda cepat panas. Gunakan charger bawaan ponsel agar masalah seperti ini tidak menerpa Anda. 

Nah, itulah beberapa kiat untuk mengatasi smartphone Android yang cepat panas, semoga penjelasan diatas bermanfaat dan dapat memberikan solusi.

No comments