Cara Mengganti Tema dan Font Tulisan di Hp Android

Jika Anda adalah tipe orang yang mudah bosan dan sekarang sedang mengalami kejenuan stadium 4 dengan tampilan smartphone Anda, jangan terburu-buru untuk membeli ponsel baru, apalagi beralih dari Android.

Tema yang menarik dan font huruf yang berbeda dari biasanya dapat membantu Anda mendapatkan kembali antusiasme untuk berinteraksi dengan HP Android. Apalagi, kian hari Android semakin lebih mutakhir dan menawarkan keberagaman fitur baru yang membuat pengguna semakin dibuai. Ditambah untuk cara pengoperasiannya pun dapat dikatakan sangat mudah.

Namun perlu diingat, mengganti tema Android tak lantas mengubah semua interface di dalamnya seperti jenis font, warna font, ataupun background. Adapun cara ganti tema dan font tulisan di HP Android dapat dilakukan dengan begitu mudah.


Cara Mengganti Tema HP Android


Untuk mengganti tema di Android, Anda akan membutuhkan aplikasi launcher Android, yaitu sebuah aplikasi yang fungsinya untuk menjalankan tema. Play Store menyediakan banyak pilihan aplikasi Launcher seperti Nova Launcher, Go Launcher Ex, Everything Me, dan masih banyak lagi lainnya.

Pilih Launcher sesuai keinginan Anda karena setiap launcher Android menawarkan fitur yang berbeda. Berikut adalah contoh penggunaan Go Launcher Ex, salah satu launcher yang cukup populer dan telah digunakan banyak orang.

Cara Mengganti Tema Android
  • Download Go Launcher Ex secara gratis di Play Store.
  • Install dengan cara tap pilihan Accept yang secara otomatis akan melakukan downloading dan installing di  smartphone Anda.
  • Setelah terinstall, Anda bisa masuk ke dalam aplikasi tersebut dimana Anda akan menemukan berbagai pilihan tema Android terbaik, pilih sesuai selera.
  • Setelah menentukan pilihan, tap tema tersebut dan Anda akan masuk kembali ke Play Store untuk mendownload dan menginstal tema tersebut di HP Anda.
  • Setelah proses selesai, tema di smartphone Anda akan berubah.

Cara Ganti Tema Android Tanpa Aplikasi


Jika Anda tidak ingin menggunakan aplikasi launcher untuk mengganti tema, Anda juga tetap bisa mengganti tema Android tanpa aplikasi. Berikut ini cara mudah ganti tema di Android untuk HP Samsung, Xiaomi, OPPO, dan berbagai tipe smartphone Android lainnya tanpa menggunakan aplikasi.

  • Silahkan download Beautiful Icon Styler.
    Cara Ganti Tema Android Tanpa Aplikasi
  • Jika sudah terinstall dan terbuka, Anda akan disuguhi antarmuka yang terkesan simple namun dengan fungsi yang cukup berguna yang berupa akses ke Icon Pack. Silahkan dipilih icon pack yang Anda inginkan lalu tap pada Get it.
    Cara Ganti Tema Android Tanpa Aplikasi 2
  • Sesudah itu, Anda akan langsung menuju ke icon pack di Google Play yang kemudian bisa langsung mengunduhnya. 
  • Bisa langsung Anda install icon pack tadi, kemudian kembali ke aplikasi Beautiful Icon Styler.
    Cara Ganti Tema Android Tanpa Aplikasi 3
  • Jika icon pack yang di download tadi sudah muncul di aplikasi Beautiful Icon Styler, dan Anda melihat pilihan tombol Apply, tap tombol tersebut untuk mengganti tema HP Android Anda - dalam beberapa detik tema di Android akan berubah.

Kelebihan menggunakan cara ini yakni Anda bisa mengganti tema Android tanpa root. Jadi, Anda tinggal mengikuti langkah-langkah diatas.

Cara Mengganti Font Tulisan Android


Seperti halnya tema, tentu saja terdapat berbagai macam aplikasi untuk mengubah Font di Android. Beberapa jenis aplikasi yang sering dipergunakan untuk mengganti font Oppo, Realme, Xiaomi, hingga vivo diantaranya adalah Ifont dan Font Installer. Untuk pengguna OS Android versi terbaru, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengubah font di Android tanpa root yang root Android itu sendiri diperlukan agar user memiliki akses penuh terhadap smartphone termasuk dalam hal menambah aplikasi selain aplikasi bawaan. Berikut adalah cara menggunakan aplikasi Ifont:

  • Masuk ke dalam Google Play Store dan download Ifont.
    Cara Mengganti Font Tulisan Android
  • Pastikan aplikasi tersebut telah terinstal secara sempurna di ponsel Anda.
  • Pada homescreen ponsel Anda, pilih dan masuk ke dalam aplikasi tersebut dan Anda akan menemukan beberapa pilihan pada Tab online dan pilihlah Tab English yang menyediakan berbagai jenis tulisan.
  • Pilih font yang Anda suka dan selanjutnya download font tersebut. 
  • Setelahnya, tap Set agar font yang telah dipilih dapat diterapkan para perangkat Android milik Anda. 
  • Jika kemudian muncul notifikasi untuk melakukan rooting, silahkan klik Allow, selanjutnya Anda dapat melakukan reboot smartphone terlebih dulu.
  • Untuk melihat hasilnya dapat Anda temukan pada homescreen atau tulisan pada aplikasi smartphone Android Anda.

Sekarang, Anda telah memasang font dan tema baru di Android yang dengan jenis font yang keren. Sebelumnya, pastikan  koneksi internet Anda lancar demi kenyamanan, karena jika internet ngadat untuk memasuki Play Store saja Anda akan mengalami kesulitan.

Tidak lupa, jika tidak sedang memakai Wi-fi gratis, pastikan Anda memiliki kuota internet yang mencukupi. Selain itu, penting juga untuk mempertimbangkan spek smartphone yang baik agar aplikasi yang Anda tambahkan tersebut tidak akan memberatkan performa smartphone Anda. Ponsel dengan tampilan keren dan tidak lemot, itu yang Anda mau, bukan?

Waktunya merubah tema dan Font Huruf di Android


Itulah cara mudah mengubah tema dan font huruf di HP Android yang bisa dilakukan tanpa harus melalui proses root terlebih dulu. Jika merasa bosan dengan tema di HP Anda, silahkan diganti tema baru dengan tema yang lebih menarik.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url