5 Cara Mengatasi HP OPPO yang Lemot

OPPO adalah salah satu brand smartphone terpopuler dikalangan pengguna smartphone Android di Indonesia. OPPO sendiri merupakan salah satu pabrikan smartphone asal China yang cukup memiliki nama di negeri Tirai Bambu. Setelah diperkenalkan ke pasar ponsel Nusantara, OPPO pun langsung mendapat sambutan yang cukup positif konsumen.

Sebagai salah satu produsen smartphone yang memiliki kelas, OPPO tergolong sebagai pabrikan yang memiliki produktivitas tinggi. Hal tersebut terbukti dengan terus bermunculannya seri smartphone OPPO terbaru, baik ponsel berjenis low-end, mid-end atau high-end, seperti OPPO R7 yang notabene adalah salah satu hp Android tercanggih yang dirilis OPPO.

Dari sisi harga, harga OPPO tidak jauh berbeda dengan Xiaomi. Xiaomi sendiri merupakan salah satu pabrikan ponsel asal Cina yang mulai masuk ke Indonesia setelah OPPO dikenal luas oleh masyarakat Indonesia. Dengan antusiasme konsumen lokal terhadap Xiaomi, tidak menutup kemungkinan kedepannya Xiaomi akan menjadi salah satu pesaing utama OPPO.

Cara Mengatasi HP OPPO yang Lambat


Setiap smartphone memiliki sisi kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun demikian, prilaku pengguna juga amat menentukan life time suatu ponsel. Bagi Anda pengguna ponsel OPPO yang mungkin saja mendapati hp OPPO yang Anda gunakan tiba-tiba mengalami masalah loading lambat yang tidak Anda ketahu apa penyebabnya. Nah, melalui artikel ini saya ingin share pengalaman saya untuk mengatasi hp OPPO yang loadingnya lambat secara tidak wajar.

1. Jangan Gunakan Semua Ruang Memori Internal


Kendati hp Anda dibekali memori yang besar, usahakan untuk tidak menggunakan semua space memori. Tujuannya adalah untuk menstabilkan loading ponsel Anda. Jika Anda menggunakan semua ruang memori internal hal ini akan memicu terjadinya waktu muat yang lama alias tidak wajar.

2. Gunakan Memori Eksternal Untuk Menyimpan Data Besar


Jangan hanya mengandalkan memori internal untuk keperluan menyimpan data. Apabila ponsel Anda dipenuhi banyak data besar, maka usahakan untuk menyimpannya pada memori microSD. Selain itu, usahakan untuk memilih memori microSD dengan kecepatan tinggi agar proses pembacaan oleh sistem ponsel berjalan lebih cepat.

3. Hapus Aplikasi Yang Tidak Kompatibel Atau Korup


Periksa semua aplikasi yang Anda install di ponsel OPPO Anda. Pastikan tidak aplikasi yang crash atau bermasalah. Hal ini untuk memastikan terjadinya loading lambat tidak disebabkan oleh salah satu aplikasi yang terpasang di ponsel Anda.

4. Format Memori microSD Menggunakan Komputer


Jika Anda meyakini ada yang salah dengan microSD Anda, lakukan format menggunakan komputer untuk mengembalikan memori tersebut ke kondisi yang siap pakai. Pastikan Anda melakukan backup data di memori tersebut sebelum Anda memformatnya.

5. Reset Ponsel


Langkah selanjutnya yang dapat Anda tempuh adalah dengan melakukan reset. Hal ini dibutuhkan apabila setelah menerapkan 4 langkah diatas masih belum membuahkan hasil. Reset HP Anda untuk  mengembalikan kondisinya seperti sedia kala. Pengaturan menjadai default (awal) dan tidak ada aplikasi pihak ketiga yang terpasang.

Cara Mengatasi HP OPPO Lambat

Demikian semoga bermanfaat. Dalam kasus saya, saya berhasil mengembalikan performa ponsel saya, yaitu OPPO Find Joy setelah menerapkan kelima langkah diatas.
Next Post Previous Post
2 Comments
  • Fahmi (catperku.com)
    Fahmi (catperku.com) September 24, 2015 at 7:50 PM

    catet dulu ya, kayaknya bisa diterapin ke hp yang lain juga ;)

  • Unknown
    Unknown January 29, 2016 at 6:34 AM

    Tetap saja masih lalod -_-

Add Comment
comment url