Cara Memperbaiki Layar Sentuh HP Android Yang Error

Cara Memperbaiki Layar Sentuh HP Android Error
Kinerja layar sentuh smartphone yang tidak dilengkapi keyboard fisik harus dalam keadaan sempuarna, karena ketika layar sentuh mengalami masalah maka ponsel tidak akan dapat digunakan oleh user. Seiring dengan aktivitas pemakaian hari demi hari tidak menutup kemungkinan layar sentuh ponsel Android Anda akan mengalami kerusakan atau error.

Untuk tetap dapat menggunakan smartphone Anda sudah barang tentu Anda harus memperbaiki masalah layar sentuh yang mendera ponsel Anda. Sebelum Anda mebawanya ke jasa servis ponsel tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba melakukan upaya perbaikan sendiri terlebih dahulu. Selain untuk menghemat uang, hal ini juga bertujuan untuk melatih kemampuan Anda dalam memperbaiki ponsel Anda apabila suatu saat masalah yang sama kembali terjadi.

Masalah touch screen hp Android error dapat dipicu oleh beragam hal. Salah satu kasus yang sering menjadi biang keladinya adalah adanya sejumlah aplikasi yang berjalan pada background yang mana aplikasi-aplikasi tersebut mengkonsumsi terlalu banyak space RAM. Jika hal ini terjadi, maka layar sentuh ponsel Anda tidak akan bisa bekerja sebagaimana mestinya hingga Anda mematikan aplikasi tersebut dan space RAM kembali tersisa untuk menjalankan ponsel. Namun, tidak menutup kemungkinan juga error terjadi karena adanya permasalahan pada sektor hardware.

Bagi Anda yang mengalami masalah layar sentuh error, silakan simak panduan untuk mengatasi layar sentuh hp Android error berikut ini.

#1
Untuk sementara waktu, bersihkan semua aplikasi yang berjalan pada background. Kemudian, matikan ponsel Anda selama beberapa saat hingga temperatur ponsel menjadi dingin. Setelah temperatur ponsel menjadi dingin, silakan nyalakan kembali ponsel Anda.

Apabila setelah melewati langkah-langkah diatas Anda mendapati ponsel Anda masih mengalami masalah, silakan lanjut ke upaya perbaikan #2.

#2
Upaya perbaikan #2 ini adalah dengan mengganti layar sentuh dengan yang beru. Berikut langkah-langkahnya:


  • Silakan buka penutup baterai beserta bautnya, kemudian buka casing dan pisahkan dari mesinnya.
  • Jika mesin atau PCB sudah Anda pisahkan dari casing, akan terlihat layar LCD dua lapisan. Lapisan paling atas merupakan bagian layar sentuh yang berfungsi apabila disentuh. Maka, bagian atas penutup layar ini adalah penyebab kerusakan.
  • Jangan langsung mencabut kaca layar sentuh begitu saja, karena pada bagian bawah terdapat flexible yang terhubung dengan flexible LCD dalam keadaan disolder. Silakan buka solder tersebut baru kemudian Anda bisa menggantinya. (Lakukan secara hati-hati).
  • Usai Anda berhasil mencabutnya, silakan Anda ganti dengan layar sentuh yang baru. Harga layar sentuh relatif dari harga LCD. 
  • Teruskan ke langkah berikutnya, silakan dipasang kembali layar sentuhnya, lekatkan menggunakan solder.
  • Apabila pemasangan layar sentuh sudah selesai Anda lakukan, jangan langsung memasang kembali casing dan baut-bautnya, lakukan percobaan dengan posisi telanjang terlebih dahulu. Hal ini demi mengantisipasi apabila ponsel masih belum berfungsi dengan baik.
  • Apabila layar sentuh sudah berfungsi dengan baik, selanjutnya Anda tinggal melakukan setelan calibration layar agar bisa berfungsi dengan baik. 
  • Setelan Calibration dapat Anda temukan pada menu Settings-calibration. Silakan ikuti tanda-tanda silang dilayarnya. Apabila calibration masih failed, maka Anda harus melakukan pengecekan lagi apakah pemasangannya sudah benar.


Demikian, semoga artikel ini memberikan solusi bagi Anda yang sedang mengalami masalah layar sentuh error pada ponsel Anda.

Share

LATEST ARTICLES

Post a Comment