Cara Membuka Kartu Memori Yang Terkunci Karena Lupa Sandinya


Cara Membuka Kartu Memori Yang Terkunci Karena Lupa Sandinya
Lupa akan suatu password (kata kunci) sangat sering terjadi, untuk mendapatkan kembali cobalah cara program FileMan dan Fexplore

Pernahkah kamu lupa akan sandi kartu memori yang kamu buat sendiri?  ‘Pernah’ atau mungkin malah ‘sering’ menjadi jawaban di benakmu. Tapi, hal itu memang cukup sering terjadi terutama pada kalangan mahasiswa atau pekerja yang menggunakan banyak akun dan password atau kata kunci yang berbeda dan sering diganti-ganti. Sehingga antara kata kunci akun dan kartu memori dapat tertukar-tukar di ingatanmu.

Bisa saja kamu mencoba-coba segala kata kunci yang pernah kamu gunakan. Namun, apabila sama sekali tidak berhasil, padahal kamu membutuhkan data penting yang ada di dalam kartu memori tersebut maka kamu harus mencoba cara lain seperti program Fexplore/Fileman atau dengan cara memfotmat langsung Memory Card kamu.

Membuka Kartu Memori yang Terkunci dengan Program Fexplore atau FileMan

Cara ini dapat dilakukan pada semua jenis tipe ponsel. Hanya saja ponsel tersebut harus memiliki program Fexplore atau FileMan. Apabila belum memiliki program Fexplore atau FileMan, kamu dapat menngunduhnya terlebih dahulu dan menginstal program tersebut. Setelah itu, lanjutkanlah dengan melakukan langkah-langkah berikut:


  • Buka dan jalankan Fexplore, kemudian buka C:\system
  • Masukkan kartu memori yang terkunci
  • Cari file dengan nama mmcstore
  • Copy dan paste file mmcstore, dan ubah nama ekstensi filenya menjadi .txt dan menjadi mmcstore.txt. Atau diubah menjadi filemmcstore.txt untuk yang menggunakan program FileMan
  • Copy file mmcstore.txt dan pindahkan ke Notepad 
  • Buka melalui laptop atau PC
  • Jika berhasil, makan akan muncul kata kunci
  • Gunakanlah kata kunci (password) tersebut untuk membuka kartu memori yang terkunci
  • Masukkanlah kata kunci yang telah kamu dapat untuk membuka kartu memorimu. Maka kartu memorimu akan terbuka, dan kamu dapat menggunakannya lagi. Cara ini sangat efektif dan efisien karena cepat dan data yang tersimpan tetap terjaga tanpa perlu khawatir akan terhapusnya file-file tersebut. Untuk menghindari terjadinya kejadian serupa, yakni lupa akan kata kunci, kamu dapat mengubah kata kunci kartu memori mu dengan kata kunci yang lebih mudah diingat.


Memformat Memory Card


Jika cara membuka kartu memori yang terkunci dengan menggunakan program Fexplore atau FileMan tidak berhasil, maka kamu bisa melakukan cara ini yakni dengan memformat kartu memori. Cara ini merupakan cara terakhir dan satu-satunya setelah cara lain tidak membuahkan hasil, dikarenakan cara ini memiliki resiko kehilangan semua file yang tersimpan di kartu memori. Sehingga, memformat kartu memori sangat jarang dilakukan kecuali karena terpaksa.

Bagaimana, masih berusaha mencoba beberapa kata kuncimu yang sering kamu pakai? Atau sudah lupa dan menyerah dengan kata kunci kartu memorimu?  Gak ada salahnya mencoba suatu program yang dapat membantu. Yuk, coba mendapatkan kembali kata kunci dengan cara di atas. Namun ingat, cobalah terlebih dahulu metode dengan program FileMan atau Fexplore. Jangan terburu-buru memformat kartu memori apabila tidak ingin semua data mu lenyap seketika.

No comments