Cara Membedakan HP Android Xiaomi Palsu/KW dan Asli

Xiaomi adalah salah satu brand smartphone yang belakangan ini turut mewarnai pasar gadget (smartphone) di Indonesia. Kendati Xiaomi belum setenar OPPO, namun secara keseluruhan brand ini mendapat sambutan yang cukup positif dari kalangan pengguna smartphone di Tanah Air. Sepertinya tidak butuh waktu lama bagi brand asal Tiongkok ini untuk mencuri perhatian para pengguna ponsel cerdas di Indonesia.

Cara Membedakan Xiaomi Asli dan Replika
Membedakan Xiaomi Asli dan Replika

Seiring dengan pesatnya industri gadget, hal ini dimanfaatkan oleh segelintir pihak yang tidak bertanggung jawab untuk menciptakan produk ilegal yang mengatasnamakan brand-brand populer, seperti Xiaomi. Sebagai konsumen, kita harus pandai-pandai dalam menilai barang apakah smartphone tersebut asli atau palsu. Nah, guna membantu Anda terhindar dari salah membeli smartphone, berikut ini beberapa kiat untuk membedakan hp Xiaomi palsu/KW dan yang asli.

Silakan masuk ke situs jd.mi.com menggunakan web browser di komputer Anda. Kemudian, download file APK yang tersedia di situs tersebut. Setelah itu, install aplikasi tersebut di smartphone Xiaomi yang ingi Anda cek keasliannya lalu jalankan aplikasi tersebut.

Catatan:

Agar Anda bisa menginstal aplikasi dalam bentuk file APK, silakan rubah mode setting instalasi aplikasi di ponsel. Masuk ke menu Settings > Additional Settings > Privacy > kemudian pilih Unknown Sources.

Lakukan penyegaran / refresh situs jd.mi.com, selanjutnya arahkan smartphone Anda ke kode QR. Arahkan sampai dengan proses pemeriksaan selesai. Setelah itu, situs tersebut akan menampilkan sebuah informasi, apakah hp Xiaomi yang di tes asli atau KW.

Kekurangan:

Sisi kekuarangan dari tools tersebut hanya dapat bekerja untuk hp Xiaomi tipe terbaru saja, seperti Xiaomi Mi 4 dan Xiaomi Mi 4i. Tipe hp Xiaomi keluaran lama, seperti Xiaomi Redmi 1S dan Xiaomi Redmi 2, dan seri-seri terdahulu tidak didukung.

Alternatif pengecekan:

Jika cara pertama tidak memberikan solusi untuk Anda, jangan khawatir, masih ada cara lain yang bisa dilakukan untuk memastikan originalitas smartphone Xiaomi, sebagai berikut:

Lakukan factory Reset (hard reset). Mereka (produsen smartphone Xiaomi KW) telah membuat software yang bisa menipu aplikasi benchmark. Dengan melakukan factory reset, software tersebut akan terhapus dan aplikasi-aplikasi benchmark dapat mengenali dan mengidentifikasi hardware sebenarnya.

Selanjutnya, pakailah tiga aplikasi benchmark ini, yaitu aplikasi Antutu, CPU-Z, dan Sensor Box. Perhatikan dengan seksama, apakah spesifikasi yang dibekali pada perangkat sama persis dengan aslinya atau terlihat berbeda.

Cara lain untuk mengecek hp Xiaomi KW atau asli juga dapat Anda lakukan dengan melakukan pengecekan terhadap versi operating system (OS). Secara umum, smartphone Xiaomi dirilis menggunakan MIUI, nama tampilan interface buatan Xiaomi, versi stabil. Jika masih menyandang status Beta, maka ada kemungkinan smartphone Xiaomi tersebut palsu.

Share

LATEST ARTICLES

Post a Comment