Cara Melacak HP Android Yang Hilang


Cara Melacak HP Android Yang Hilang
Img (c) tecglitz.com
Kehilangan ponsel adalah hal terburuk yang tidak bisa kamu prediksi kejadiannya, untuk itu dibutuhkan cara yang cepat untuk melacak hp Android yang hilang.

Kehilangan alat telekomonukasi yang satu ini memang sangat menjengkelkan, terlebih karena hp android adalah hp berbasis teknologi canggih dan mungkin sebahagian data pentingmu tersimpan di hp androidmu. Lantas, haruskah kamu dengan rela untuk memasrahkan kehilangan tersebut? Sebaiknya jangan putus asa dahulu, banyak cara untuk mengetahui keberadaan HP android yang hilang.

Melacak hp Android yang hilang dengan bantuan GPS. 


Melacak HP dengan bantuan GPS adalah cara yang cukup mudah dan sangat membantu, terlebih semua Android menyediakan layanan GPS. Langkah untuk menemukan ponsel yang hilang adalah sebagai berikut:

1. Pastikan kamu selalu mengaktifkan fitur dari aplikasi Google setting, dengan cara:

  • Buka aplikasi google setting
  • Di Android Device Manager, centang lah ‘Remotely Locate This Device’ dan Allow Remote Lock and Factory Reset’
  • Aktifkan GPS Android dan harus selalu nyambung ke data/operator
  • Pastikan pula kamu selalu log-in di akun Google yang masih aktif.

2. Dalam pelacakan, gunakanlah komputer atau HP lain yang berbasis android juga. Buka www.google.com/android/device manager, dan lakukan log-in menggunakan akun Google yang sama dengan HP Android mu.

3. Klik Accept di Pop-Up yang ada tulisan “Allow Android Device Manager to use location data?”

4. Lalu, klik Icon GPS yang terdapat di pojok kanan dari Pop-Up

5. Jika berhasil, maka akan tertera informasi kerberadaan Android yang hilang dalam bentuk nama dan peta lokasi dimana Android kamu berada.

Namun, setelah mendapatkan lokasi HP Android milikmu yang hilang, seringkali dalam pencarian sulit ditemukan dikarenakan terselip oleh suatu benda. Sehingga untuk memudahkan pencarian, kamu bisa menderingkan hp mu yang masih dalam keadaan silent mode dengan memilih fungsi ‘DERINGKAN’, dan kamu dapat mengatur volume hingga mencapai volume paling keras.

Tak hanya itu, dalam keadaan mendesak, seperti kecurian, kamu dapat menggunakan fungsi ‘LOCK” untuk mengunci hp yang hilang. HP androidmu akan terkunci otomatis serta berlaku permanen. Tidak akan ada yang bisa membukanya selain pemiliknya sendiri. Atau menggunakan fungsi ‘HAPUS’ untuk menghapus segala macam file yang terdapat dalam ponsel androidmu. Foto, video, dokumen dan file lainnya baik di memori internal maupun eksternal akan terhapus secara otomatis

Melacak HP Android yang Hilang dengan Menggunakan Aplikasi DropBox


Cara lain yakni dengan menggunakan DropBox. Beberapa produsen Smartphone biasanyanya telah memasang DropBox dalam ponsel android, namun apabila belum tersedia kamu bisa melakukan pemasangan manual dengan menginstalnya dari google play.

Pada aplikasi DropBox terdapat fitur Camera Upload. Dengan adanya fitur ini, pengambilan gambar oleh kamera hp akan secara otomatis mengupload gambar. Foto akan tersimpan dalam DropBox dengan keterangan nama Camera Upload. Nah, kamu dapat log-in menggunakan PC atau hp android lain ke akun DropBox yang sama dengan akun DropBox pada hp yang hilang, lalu membuka Camera Upload. Dengan adanya kemungkinan besar si pencuri atau penemu hp melakukan selfie atau memfoto suatu objek, maka akan secara otomatis foto akan terupload dan kamu bisa melacak hp androidmu  yang hilang dengan menggunakan petunjuk tambahan mengenai lokasi foto.

Namun, penggunaan aplikasi DropBox ini memang tidak seakurat dan secepat menggunakan fitu GPS karena harus menunggu si penemu hp melakukan pengambilan gambar menggunakan kamera. Jadi, jangan langsung putus asa saat kehilangan HP androidmu. Semoga bermanfaat.

No comments