Cara Agar HP Android Tidak Mendownload Aplikasi Secara Otomatis


Sebagai pengguna ponsel Android, Anda mungkin pernah menjumpai sebuah kejadian dimana ponsel Anda secara tiba-tiba mendownload aplikasi secara otomatis. Ya, kejadian ini sebenarnya bukanlah sebuah hal yang mengherankan jika Anda menggunakan ponsel berbasis Android, karena setelan default pada ponsel Android di setel untuk mengupdate aplikasi secara otomatis begitu data pada ponsel Anda dalam keadaan aktif.

Semakin banyak aplikasi pihak ketiga yang terinstal di ponsel Anda, maka download aplikasi secara otomatis dari Google Play akan semakin sering terjadi begitu aplikasi yang Anda install di ponsel Anda sudah tersedia versi terbaru. Jika Anda ingin menghemat kuota internet dengan cara mencegah hp Android Anda mendownload aplikasi secara otomatis, maka Anda harus mengubah setelan auto update aplikasi di akun Google Play Anda.

Berikut langkah-langkah untuk mencegah ponsel Android mengupdate aplikasi secara otomatis melalui Play Store:

Silakan masuk ke Play Store, kemudian sentuh menu navigasi opsi lalu pilih Settings.

Cara Agar HP Android Tidak Mendownload Aplikasi Secara Otomatis #1

Pada jendela ini akan muncul beberapa sub pilihan, silakan centang/hilangkan centang sesuai keinginan Anda.

Cara Agar HP Android Tidak Mendownload Aplikasi Secara Otomatis #2

Jika Anda ingin menghentikan auto update, silakan sentuh pada bidang "Auto-update apps" sehingga akan muncul jendela seperti gambar dibawah.

Cara Agar HP Android Tidak Mendownload Aplikasi Secara Otomatis #3

Dengan Anda mengaktifkan opsi "Do not auto-update apps", maka ponsel akan berhenti dari melakukan update secara otomatis atau dalam artian yang lain akan berhenti mendownload aplikasi secara otomatis.

Catatan:
Update aplikasi sebenarnya sangat direkomendasikan guna mengatasi bug atau suatu permasalahan yang terdapat pada aplikasi yang Anda install di ponsel Anda. Pembaharuan aplikasi dimaksudkan untuk memperbaiki performa aplikasi bersangkutan, baik dari sisi performa, maupun penambahan fitur-fitur baru. Bahkan, untuk aplikasi seperti WhatsApp, Anda tidak akan dapat menggunakan aplikasi ini lagi setelah Anda tidak melakukan update dalam beberapa kali masa update. WhatsApp mengharuskan usernya untuk melakukan update agar tetap bisa menggunakan salah satu aplikasi messaging terpopuler ini.

No comments