Mengenal Apa Itu Gadget dan Dampak Positifnya Bagi Kalangan Luas

Pengertian Gadget dan Manfaatnya
Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi terutama teknologi informasi, muncullah sebuah istilah baru 'gadget'. Apa itu gadget dan apa saja yang dapat dikategorikan sebagai gadget?

› Pengertian Gadget

Gadget adalah sebuah perangkat yang dirancang dengan tujuan dan fungsi yang praktis yang dibuat dengan kecanggihan tinggi atau lebih canggih dari teknologi sebelumnya.

› Perbedaan Gadget Dengan Teknologi Lain

Perbedaan antara gadget dengan teknologi lainnya terletak pada sisi sifat kebaruannya dimana gadget identik dengan dimensi fisik yang lebih kecil dan praktis. Sebuah contoh, komputer merupakan produk berbasis elektronik yang memiliki pembaruan berbentuk gawainya (gadget) yaitu laptop dan notebook. Contoh lainnya adalah telepon rumah yang memiliki pembaruan gawainya berupa ponsel.

› Manfaat Gadget Bagi Semua Kalangan

Gadget memiliki dampak positif yang cukup luas terhadap keberlangsungan kehidupan ummat manusia. Terlepas dari adanya dampak negatif tatkala digunakan untuk tujuan yang tidak baik, berikut ini beberapa dampak positif gadget.

1. Memperlancar Komunikasi
Gadget memudahkan manusia untuk melakukan komunikasi melalui berbagai bentuk, mulai komunikasi lewat suara, video, text singkat hingga berjejaring sosial.

2. Mencerdaskan Manusia
Dengan gadget, kita dapat mengakses berita dan menggali ilmu pengetahuan melalui media online kapanpun dan dimanapun. Semakin banyak membaca, otak kita akan terlatih untuk menjadi lebih peka dan pintar.

3. Menjadikan Manusia Kaya Wawasan
Gadget akan mempermudah kita untuk mencari dan menemukan referensi-referensi artikel pengetahuan yang akan menjadikan kita sebagai manusia yang kaya akan ilmu serta wawasan.

4. Memiliki Sarana Hiburan
Gadget dapat juga dijadikan sebagai alat hiburan, seperti untuk mendengarkan lagu, memutar video, atau bermain game disela-sela waktu senggang yang dapat menghindarkan kita dari stress yang dipicu oleh berbagai hal, misalkan karena kesibukan pekerjaan, masalah keluarga atau problematika kehidupan yang lain.

5. Membuat Manusia 'Melek' Dengan Kejadian Diluar
Keberadaan gadget dapat menghindarkan manusia dari ketergantungan terhadap media cetak atau media televisi untuk mendapatkan berita dan informasi terkini. Melalui media online, kita dapat mengetahui peristiwa-peristiwa penting secara lebih cepat dan praktis.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url